Representasi matematika akan digunakan oleh setiap siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis representasi matematika yang digunakan oleh setiap siswa biasanya bergantung pada kesukaan da kebiasaan masing-masing siswa. Jenis-jenis representasi matematis yang dapat digunakan oleh siswa dalamĀ  menyelesaikan masalah matematika sangat beragam. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi siswa yang digunakan untuk menyelesaikan teka-teki matematika yang disajikan dalam representasi visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Candi. Subjek penelitian dipilih sebanyak 2 siswa dengan skor angket dengan kategori tinggi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket minat siswa pada teka-teki dan lembar tes yang berisi 1 soal teka-teki yang disajikan dalam jenis representasi visual. Hasil yang diperoleh S1 tidak menunjukkan jawaban yang tepat, sedangkan jawaban yang diperoleh S2 menunjukkan jawaban yang tepat tetapi benar atau tidaknya jawaban yang diperoleh subjek bukan hal utama yang akan dibahas dalam penelitian ini. Ha utama yang akan dibahasdalam penelitian ini adalah representasi yang ditunjukkan oelh masing-masing subjek dalam pengerjaannya. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S1 menggunakan representasi persamaan atau kalimat matematika. S2 menggunakan representasi visual untuk menyelesaikannya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019