Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VA SDN 90 KENDARI

Noviana, Noviana (Unknown)
Anse, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kirtis Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan pembelajaran 3 dan 4 materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas VA SD Negeri 90 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini telah dilaksanakan pada SD Negeri 90 Kendari. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 90 Kendari Tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Oleh karena itu, sampel dalam penelitian ini yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik pemberian tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas VA SD Negeri 90 Kendari. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas VA SD Negeri 90 Kendari pada kelas eksperimen=70,94 dan kelas kontrol =59,69 maka kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran inquiry lebih tinggi dari pada rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran konvensional.Kata kunci: inquiry; kemampuan berpikir kritis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...