JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LULUSAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERAGAMA BUDDHA TIDAK MELANJUTKAN SEKOLAH

Hendra Dama Susila (Unknown)
Sujiono (Unknown)
Marjianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan masalah pendidikan, tidak adanya minat untuk melanjutkansekolah serta didukung kurangnya faktor sosial. Jenis penelitian kualitatif berupa studi kasus lapangan.Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang sebagai lulusan SMP, 6 orang sebagai orang tua lulusan SMPdan 1 orang sebagai guru lulusan SMP yang sudah ditentukan penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwafaktor yang mempengaruhi lulusan Sekolah Menengah Pertama beragama Buddhatidak melanjutkan sekolahrata-rata menjawab karena terkendala faktor ekonomi keluarga yang kurang mendukung untuk melanjutkansekolah, selain itu sebagian dari informan karena tidak didukung untuk melanjutkan sekolah lagi. Faktorjarak tempuh dari rumah ke sekolah cukup jauh, selain itu juga kendala tidak adanya transportasi umum yangmenuju kesekolahan. Malas untuk melajutkan sekolah dan beranggapan bahwasannya tingkat SekolahMenengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan itu sama bila sudah bekerjananti. Upaya mengatasi permasalahan tersebut orang tua atau guru Sekolah Menengah Pertama mencarikanbeasiswa atau dana anak asuh, serta mencarikan info tentang sekolah gratis bagi lulusan Sekolah MenengahPertama yang kurang mampu, berusaha memberikan pemahaman tentang arti pendidikan dan manfaatpendidikan, serta bagi orang tua hendaknya mengantarkan anaknya kesekolahan atau mencarikan teman yangmemiliki kendaraan untuk berangkat bersama anaknya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...