JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI HARGOROJO KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO

Sukarman (Unknown)
Sujiono (Unknown)
Hesti Sadtyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi untuk meningkatankeaktifan dan prestasi belajar siswa. Merupakan jenis Penelitian Tindakan Siswa (PTK). Fokuspenelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 7 siswa. Instrumen penelitian menggunakanlembar observasi Pedoman wawancara dan soal tes. Penelitian ini menggunakan teknis analisis datadeskriptif kulitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan keaktifan dan prestasibelajar siswa mengalami peningkatan setelah proses pembelajaran menggunakan metodedemonstrasi. Prestasi belajar siswa dari kondisi awal nilai rata-rata sebesar 69,14 menjadi 74 padapembelajaran siklus I sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4,86%.Selanjutnya pada pembelajaran siklus II prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 42,86%menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukan proses pembelajaran dengan menggunakan metodedemonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SD N Hargorojo KecamatanKabupaten Purworejo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...