Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 1, No 2 (2020)

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemic Covid 19

Ismail Hanif Batubara (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar pengembangan silabus pembelajaran matematika mahasiswa melalui model pembelajaran guided discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang tidak memperoleh model pembelajaran guided discovery learning yang dilakukan dengan pembelajaran daring selama pandemic covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas prodi pendidikan matematika semester Lima yang berjumlah kurang lebih 74 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran guided discovery learning dan kelas control tidak diberi perlakuan pembelajaran guided discovery learning. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran guided discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar pada mahasiswa yang tidak diberi perlakuan (kelas kontrol).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...