G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOND UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Dewi Astuti, Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Berbagai macam faktor mempengaruhi sikap dan perilaku individu, salah satunya adalahfaktor lingkungan. Seseorang yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap kondisilingkungan dapat mempengaruhi rasa percaya diri. Tujuan penelitian ini adalahmengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound dalammeningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatankuantitatif dengan teknik pengambilan sampel dengan kombinasi antara quota samplingdan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test,sedangkan analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penghitungan uji t-testmaka didapat nilai thitung = 2,7 dan nilai t tabel = 1,7 dengan demikian thitung > ttabelsehingga hipotesis Ho ditolak. Penolakan Ho membuktikan bahwa ada perbedaan antararata-rata tingkat kepercayaan diri siswa dari hasil postest antara kelompok kontrol daneksperimen sehingga layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound dapatdikatakan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.Kata kunci: bimbingan kelompok, kepercayaan diri, outbond

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...