Tirtamath : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Vol 1, No 1 (2019): Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA BERDASARKAN STATUS SEKOLAH (NEGERI DAN SWASTA) DAN KOMPETENSI GURU TINGKAT SMP/MTs KOTA TANGERANG

Rahmawati Intan Sopiany (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yani Setiani (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa status sekolah merupakan sebuah hal yang harus dipertimbangkan pada saat pendaftaran sekolah hal, sehingga dibutuhkan informasi yang sesuai dengan fakta sebenarnya agar masyarakat dapat mengetahui dan mempertimbangkan pengaruh dari status sekolah juga aspek lain seperti kompetensi guru yang mengajar di sekolah tersebut. Untuk mengetahui informasi tersebut peneliti melakukan penelitian menggunakan sampel besar yang mewakili siswa kelas IX yang mengikuti ujian nasional tahun 2017/2018 di Kota dan menggunakan metode survei. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengetahui Self-Asessment kompetensi guru dan pengambilan data hasil ujian nasional matematika tahun 2017/2018. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak terdapat pengaruh status sekolah terhadap hasil ujian nasional matematika dan terdapat pengaruh tingkat Self-Asessment kompetensi guru terhadap hasil ujian nasional matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Tirtamath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika menerbitkan artikel ilmiah terkait penelitian bidang pengajaran dan pendidikan matematika. Pengajaran matematika mencakup penelitian tentang perencanaan, desain, proses dan evaluasi pembelajaran matematika baik di tingkatan sekolah dasar, ...