Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 6, No 2, Oktober (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

Gingga Prananda (Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 43 sungai sapih padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan 69,82 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung (3,286) ttabel (1,674), maka hipotesis diterima. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar IPA menggunakan model Student Teams Achievement Division siswa kelas V pada aspek kognitif  SD Negeri 43 Sungai Sapih Padang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...