TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA INGGRIS ANAK DI TK TERATAI UNM MAKASSAR

Ratri Eka Noor Mustari (Universitas Muahammadiyah Makassar)
Tasrif Akib (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nur Alim Amri (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pre-experimental design (nondesign) dengan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Makassar di mana pada bagian test statistics menunjukkan hasil uji Wilcoxon, yang diperoleh perhitungan dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) 0,000 (p<0,05), dengan demikian Ho ditolak. Artinya, ada pengaruhpenerapan metode pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata berpengaruh terhadap penguasaan kosakata pada anak khusunya di TK Teratai UNM Makassar. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang memuat tentang hasil pemikiran dan penelitian terkait pendidikan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyediakan forum akademis bagi para ahli, peneliti dan praktisi pendidikan terkait dengan ...