Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Vol 2, No 1 (2019): Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa dengan Menggunakan Teknik Assertive Training pada Siswa

Joni Afri (Universitas Jambi Jl. Lintas Jambi-Muara Bulian Km. 15, Mendalo Darat, Kota Jambi.)
Freddi Sarman (Universitas Jambi)
Rully Andi Yaksa (Universitas Jambi Jl. Lintas Jambi-Muara Bulian Km. 15, Mendalo Darat, Kota Jambi.)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan perbedaan perilaku asertif melalui layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertif training. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perubahan atau meningkatnya perilaku asertif siswa setelah diberikan perlakuan layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertif training. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, menggunakan the one group pretest posttest design. Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian delapan orang dengan kategori perilaku asertif (sedang) dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Adhiyaksa, Instrumen yang digunakan yaitu skala perilaku asertif dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa skor pretest 99,125 dan posttest 134,625. Selanjutnya untuk uji hipotesis diperoleh hasil Asymp. Sig.(2-tailed) 0,005 yang berarti di bawah alpha 0,05 (0,005<0,012) dengan demikian dapat diartikan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat perubahan atau terjadinya peningkatan perilaku asertif siswa setelah diberikan perlakuan layanan konseling kelompok melalui teknik Assertif Training. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biblio

Publisher

Subject

Education

Description

The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and ...