JURNAL ILMIAH EDUKATIF
Vol. 6 No. 1 (2020): Edukatif

HAKIKAT BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Astaman (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Esensi dari belajar dalam pandangan psikologi adalah perubahan tingkah laku sebagai manifestasi dari hasil pengalaman yang dilalui seseorang. Dalam belajar terdapat prinsipprinsip yang harus dipatuhi seseorang agar hasil belajar yang diperolah dapat tercapai dengan optimal. Prinsip-prinsip tersebut antara lain: perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung serta pengulangan. Adapun tujuan dari belajar adalah deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsungnya proses belajar. Secara garis besar terdapat dua faktor yang memengaruhi proses belajar yakni faktor internal dan faktor eksternal. Secara garis besar terdapat empat teori belajar yaitu pembiasaan klasik, koneksionisme, humanistik dan kognitif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences

Description

Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan ...