Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 1 (2019): Pasundan Journal of Mathematics Education

Efektivitas Teknik Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi QR Code Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa

Astrid, Fauziyah (Unknown)
Indrawan, Rully (Unknown)
Kariadinata, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Pemanfaatan informasi teknologi khususnya QR code dalam pendidikan masih kurang. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan QR Code sebagai tekik evaluasi pada pelajaran matematika. Selama ini teknik evaluasi yang digunakan guru adalah teknik evaluasi biasa, sementara itu siswa tampak berharap lebih banyak bantuan dari teman sebayanya dalam mengerjakan soal – soal matematika, dikarenakan juga siswa kurang kreatif dan kurang mandiri dalam mengerjakan soal – soal matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan QR Code sebagai teknik evaluasi pada materi program linear. Pernyataan masalah adalah apakah siswa yang teknik evaluasinya menggunakan aplikasi QR Code kemampuan kreatif dan kemandiriannya lebih baik daripada siswa yang teknik evaluasinya tidak menggunakan aplikasi QR Code. Jumlah siswa dikelas X jurusan Adminstrasi Perkantoran di SMK Indonesia Raya Bandung tahun pelajaran 2018/2019 adalah 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas control. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang teknik evaluasi menggunakan aplikasi QR code kemampuan berpikir kreatif dan kemandiriannya lebih baik daripada siswa yang menggunakan teknik evaluasi biasa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...