Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
2013: Vol. 6 No. 1 Januari - Juli 2013

TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET

Sitti Aisyah Mu'min (Dosen STAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2013

Abstract

Perkembangan kognitif adalah tahapan-tahapan perubahan yangterjadi dalam rentang kehidupan manusia untuk memahami,mengolah informasi, memecahkan masalah dan mengetahuisesuatu. Jean Piaget adalah salah satu tokoh yang menelititentang perkembangan kognitif dan mengemukakan tahapantahapanperkembangan koginitif. Tahapan-tahapan tersebutadalah tahap sensory motorik (0–2 tahun), pra-operasional (2–7tahun), operasional konkret (7–11 tahun) dan operasional formal(11–15 tahun). Dalam memahami dunia secara aktif, anakmenggunakan skema, asimilasi, akomodasi, organisasi danequilibrasi. Pengetahuan anak terbentuk secara berangsur sejalandengan pengalaman tentang informasi-informasi yang ditemui.Menurut Piaget, anak menjalani urutan yang sudah pasti daritahap-tahap perkembangan kognitif. Pada setiap tahap, baikkuantitas maupun kualitas kemampuan anak menunjukkanpeningkatan.Kata Kunci: Perkembangan, kognitif, sensor motorik, adaptasi,akomodasi, dan asimilasi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is ...