Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 2 (2016): Vol. 9 No. 2 Juli-Desember 2016

PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan)

Batmang Batmang (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2016

Abstract

Pendidikan adalah masalah yang sangat mendasar untuk mendapat perhatian dari kita semua. Kompleksitas persoalan pendidikan yang dialami bangsa kita tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan satu pendekatan, tetapi membutuhkan pendekatan transdisiplin untuk memecahkan masalah. Transdisiplin merupakan pendekatan kolektif yang memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan analisis menusia dalam memahami sistem yang lebih besar dan kompleks. Makna pentingnya yang menandai transdisiplin adalah proses integrasi dari multidisiplin yang digunakan untuk membahas isu atau mengahadapi permasalahan. Implemetasi transdiplin mengandung makna adanya kerja “kooperatif” atau sinergi di antara orang-orang dan sektor-sektor yang terlibat di dalamnya. Penerapan transdisiplin digunakan untuk mencapai sesuatu di luar dimensi kuantitatif. Adanya sinergi dalam konsep transdisiplin dimaksudkan untuk mencapai tingkat harmoni yang lebih tinggi dari integrasi ilmu pengetahuan yang disebut dengan simponi.Kata Kunci : Pendidikan, Transdisipliner, Pendekatan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is ...