Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Volume 13 Nomor 1 2020

Analisis Data Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Operasi Aritmatika Dasar

Amanda La Hadi (IAIN Kendari)
Dedyerianto Dedyerianto (Institut Agama Islam Negeri Kendari)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Studi ini mengungkapkan bagaimana pemahaman siswa tentang aritmatika dasar dan mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi ketika mereka menyelesaikan masalah. Meskipun guru telah menjelaskan prosedur operasi aritmatika dasar pada bilangan cacah, bilangan bulat, dan pecahan sejak sekolah dasar, tetapi masih ada kesalahpahaman konsep di antara siswa. Miskonsepsi ini mayoritas terjadi pada operasi yang melibatkan pecahan. Perbedaan konsep antara apa yang dipahami oleh responden dalam proses belajar mereka dan ilmu pengetahuan telah menghasilkan persepsi yang salah. Dalam artikel ini, penulis menjelaskan analisis kesalahpahaman dalam konsep yang dilakukan siswa pada jenjang sekolah menengah pertama. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam pemberian tes pengetahuan dasar matematika dengan melibatkan 237 siswa kelas 7 dan 8 sebagai peserta di empat sekolah yang berbeda. Penelitian ini menemukan miskonsepsi yang dialami siswa dalam operasi aritmatika dasar yang berupa pengurangan dengan bilangan negatif, penjumlahan dan pengurangan pecahan, dan pembagian pecahanKata Kunci: analisis data; aritmatika dasar; bilangan bulat; miskonsepsi matematika;  pecahan 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is ...