Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
2014: Vol. 7 No. 1 Januari - Juli 2014

VARIASI INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN

Sitti Aisyah Mu'min (Dosen STAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2014

Abstract

Variasi individual merupakan salah satu aspek yang harusdiperhatikan dalam proses pembelajaran. Variasi tersebut antara laingaya belajar dan berpikir, inteligensi dan kepribadian. Gaya bukankemampuan tetapi cara yang disukai seseorang untuk memanfaatkankemampuannya. Masing-masing individu memiliki sejumlah gayabelajar dan berpikir. Gaya impulsive/reflektif yang disebut juga tempokonseptual merupakan dikotomi perbedaan antara tendensi untukbertindak cepat dan impulsive dengan tendensi untuk menggunakanlebih banyak waktu untuk merespons atau memikirkan (reflect)akurasi dari suatu jawaban. Adapun gaya mendalam/dangkal adalahsejauh mana murid menjalani proses belajar dengan satu cara yangmembantu mereka memahami makna materi (gaya mendalam) atausekadar mempelajari apa-apa yang perlu dipelajari (gaya dangkal).Inteligensi merupakan keahlian memecahkan masalah dankemampuan untuk beradaptasi pada, dan belajar dari, pengalamanhidup sehari-hari. Menurut teori triarkis Stenberg, inteligensi munculdalam bentuk analitis, kreatif dan praktis. Sedangkan Gardnermengemukakan delapan tipe inteligensi yaitu: inteligensi verbal,matematika, spasial, tubuh-kinestetik, music, intrapersonal,interpersonal, dan naturalis.Variasi ketiga yang dibahas dalam tulisan ini adalahkepribadian yang didefinisikan sebagai pemikiran, emosi dan perilakuyang khas yang menjadi cirri dari cara individu untuk beradaptasidengan dunianya. Para psikolog mengidentifikasi lima besar atau thebig five factor kepribadian , yaitu stabilitas emosional, ekstraversi,keterbukaan terhadap pengalaman, agreeableness danconscientiousness. Hal lain yang juga berkaitan dengan kepribadianadalah temperamen yang diartikan sebagai gaya perilaku seseorangdan cara merespons yang khas. Psikolog mengidentifikasi tiga gayatemperamen dasar, yakni: easy, difficult dan slow-to-warm-up.Berdasarkan pengetahuan tentang variasi individualtersebut, membantu guru dalam menentukan strategi dan gayamengajar yang tepat di kelas.Kata Kunci: Individu, Pembelajaran, dan Variasi Individual.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is ...