Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018

PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BARUGA KOTA KENDARI

Jufri Jufri (IAIN Kendari)
Jumarddin La Fua (IAIN Kendari)
Ratna Umi Nurlila (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya Kendari)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pendidikan lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari menunjukkan bahwa sekolah dasar sebagian tempat untuk mengajarkan pendidikanĀ  lingkungan pada siswa dalam membentuk sikap dan perilaku cinta lingkungan sangat tepat, dengan mengenalkan sejak awal tentang pendidikan lingkungan pada generasi muda. Pendidikan lingkungan yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri 1 Baruga telah dilaksanakan untuk membentuk karakter peduli lingkungan. Bentuk kegiatan atau program yang dilakukan meliputi integrasi dalam kegiatan pembelajaran melalui pendekatan tematik, program-program ekstrakurikuler yang berbasis pengelolaan lingkungan dan sosialisasi pendidikan lingkungan melalui pesan-pesan teks yang disampaikan kepada siswa yang menegaskan tentang kewajiban untuk memelihara dan menjaga lingkungan.Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan; Pembelajaran; Karakter Peduli LingkunganĀ 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is ...