Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 1 No. 1 (2020)

EFEKTIFITAS PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL JAMI’AH TALISE

Riza Indari (Program Studi PIAUD FTIK Institut Agama Islam Negeri Palu)
Fatimah Saguni (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu)
Marwany Marwany (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas pengetahuan sains melalui pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar sekolah di Taman Kanak-kanak Nurul Jami’ah Talise. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya pengetahuan sains anak dapat mengembangkan kognitifnya melalui kegiatan bermain sains di kelas maupun di luar kelas. Pengetahuan sains anak dapat diperoleh dengan bantuan guru yang melalukan pendekatan eksplorasi di lingkungan sekitar sekolah. Kegiatan mengeksplorasi mampu membuat anak merasa senang dan dapat lebih memahami tentang pengetahuan sains. Selain itu, dengan adanya pengetahuan sains melalui pendekatan eksplorasi, anak mendapat pengalaman baru dalam kegiatan belajar sambil bermain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abulava

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan anak untuk ...