Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS I SLB BAGIAN – C

Kahisya Prawajasena (Universitas Negeri Jakarta)
, Sukiri (Unknown)
Eka Fitri Novita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat menggunakan alat bantu matrass puzzle dan limas karton pada siswa kelas I Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagian – C Kembar Karya Pembangunan yang terdiri dari 15 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, yaitu dengan memberikan tindakan khusus kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat menggunakan alat bantu, adapun tahap lompat horizontal ini yaitu lutut ditekuk, lengan diayunkan ke belakang dan ke depan, tubuh dicondongkan ke depan dan tangan diregangkan, lepas landas dengan kedua kaki, mendorong tubuh dengan bola kaki, dan lutut ditekuk saat mendarat. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu melalui metode penelitian action research dengan menggunakan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat pada siswa kelas I SLB Bagian – C Kembar Karya. Penelitian ini dilakukan dengan satu siklus 2 kali pertemuan tindakan penelitian. Hal ini terlihat, dari tingkat kelulusan subjek pada tes awal berjumlah 6 siswa atau 40%. Kemudian setelah diberikan tindakan siklus I pertemuan 1, siklus I pertemuan 2 pada siklus I ini siswa sudah mulai mengerti tahapan gerak dasar lompat. Setelah diberikan tindakan siklus I pertemuan 2 semua siswa sudah mampu melakukan tahapan gerak dasar lompat sehingga seluruh siswa memperoleh hasil yang signifikan dengan memperoleh tingkat kelulusan pada tes akhir berjumlah 15 siswa atau 100%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpja

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran ...