Kota Batam merupakan kota yang terkenal dengan sektor wisatanya, banyak orang dari luar negara berkunjung ke kota Batam dikarenakan banyak tempat wisatanya. “Kekaguman” merupakan pengalaman yang paling dinanti oleh wisatawan. Studi ini menyelidiki bagaimana emosi kekaguman wisatawan diinduksi ketika wisatawan mengunjungi tempat religi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh saat rasa kagum timbul dari suasana religi dan pemandangan sekitar terhadap kepuasan wisata. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif yang menegaskan prinsip objektivitas secara seksama, pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner kepada wisatawan yang mengunjungi tempat wisata religi di kota Batam. Menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistic 23.0 untuk menganalisis data demografi responden dan juga Smart PLS 3.0 sebagai alat bantu dalam menganalisis data umum responden. Beberapa variabel yang dipercaya memiliki dampak pada pembentukan rasa kagum wisata saat mengunjungi tempat wisata religi, yaitu variabel persepsi suasana religi dan persepsi lingkungan alam sekitar dengan variabel kekaguman sebagai mediasi kedua variabel tersebut. Hubungan mediasi menuju variabel kekaguman dimoderasi oleh tipe pengunjung (peziarah dan duniawi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa kagum dapat memicu kepuasan wisata yang ada pada wisatawan tersebut saat mengunjungi wisata religi di kota Batam. Keputusan untuk menggunakan variabel – variabel yang disebutkan sebelumnya adalah dikarenakan penelitian sebelumnya yang memberikan gambaran umum untuk masalah yang akan dipelajari.
Copyrights © 2020