Sekolah merupakan satu komunitas dengan tingkat kerentanan yang tinggi. Pengurangan resikobencana pada komunitas sekolah menjadi suatu wacana yang penting merujuk data Bank Dunia tahun2010 yang menyebutkan jumlah sekolah di Indonesia termasuk empat yang terbanyak di dunia.Tujuan dari penelitian pengembangan model pembelajaran kebencanaan bervisi SETS ini adalahsebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi bencanayang bisa terjadi di sekolah dan lingkungan sekitar. Pengetahuan dalam hal ini lebih spesifik padakemampuan membedakan jenis bencana, dapat membuat peta jalur evakuasi di masing- masingsekolah, dan membuat peta kerawanan bencana di lingkungan sekitar peserta didik. Tujuan khususyang ingin dicapai dari penelitian yang akan dikembangkan ini adalah meningkatkan pengetahuan,kemampuan dan kewaspadaan (awareness) peserta didik dan komunitas sekolah menengah,khususnya SMA terhadap bencana. Metode Penelitian ini menggunakan model 4D yang dimodifikasiterdiri atas tahapan define, design dan development. Hasil penelitian menunjukkan terjadinyaperubahan paradigma peserta didik terhadap kemampuanmenghadapi kerentanan dan potensi bencana. Kata kunci: Bencana, penanggulangan bencana berbasis komunitas,
Copyrights © 2015