JPS Unimus
Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

ANALISIS PREKONSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHUBUNGKAN KONTEKS AIR LAUT DENGAN KONTEN HAKIKAT ILMU KIMIA KELAS X SMA

Inelda Yulita (Universitas maritim raja Ali haji)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis prekonsepsi siswa kelas X SMA dalam menghubungkan konteks fenomena air laut dengan konten hakikat ilmu kimia. Penelitian ini mengacu pada Model of Educational Reconstruction (MER) yang dibatasi pada tahap investigasi pre-konsepsi siswa. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, dan lembar angket. Data penelitian yang diperoleh berupa transkripsi wawancara siswa kelas X, dan hasil angket. Hasil penelitian adalah (a) prekonsepsi siswa terhadap konsep hakikat ilmu kimia ; 100% siswa telah mempelajari hakikat ilmu di tingkat SMP, namun belum mampu untuk menjelaskan kembali, (b) prekonsepsi siswa terhadap konteks fenomena air laut ; 100% siswa mengetahui fenomena air laut sebatas mengandung garam dan rasanya asin, dan (c) prekonsepsi siswa terhadap hubungan antara konteks fenomena air laut dengan konten hakikat ilmu kimia ; 70% siswa mampu menghubungkan fenomena air laut dengan konten hakikat ilmu kimia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...