Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2020): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Putri Yulia (Unknown)
Diana Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemasalahan yang dihadapi oleh guru matematika dimana siswa masih kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika dan hasil belajar siswa yang masih rendah dan belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Resource Based Learning dan pembelajaran Konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Muttaqin Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al Muttaqin Batam yang berjumlah 42 orang. Teknik sampling yang digunakan berjenis sampel jenuh. disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap model pembelajaran Resource Based Learning dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTs Al Muttaqin Batam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...