Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2019)

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik

Herina Yunita (Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta)
Sri Martini Meilanie (Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta)
Fahrurrozi Fahrurrozi (Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis anak kelas B2 di TK Pertiwi 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Pertiwi 3 kota Palembang yang berjumlah tujuh belas orang anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriftif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh presentase keampuan berfikir kritis anak pada pra siklus sebesar lima puluh persen. Pada Pra siklus kemampuan berfikir kritis anak berada pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus I (TCP) kemampuan berfikir kritis anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II tingkat capaian anak rata-rata berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Terlihat adanya peningkatan kemampuan berfkir kritis anak meningkat mulai dari pra siklus, siklu I, dan siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...