Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang

Sri Hartati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Zulminiati Zulminiati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan penilaian otentik yang diterapkan dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kenyataannya, ada beberapa fakta penerapan penilaian otentik khususnya guru-guru TK belum sepenuhnya memahami konsep penilaian otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian otentik di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang. Pengumpulan dengan format observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan yang dibuat oleh guru sudah ada penilaian sesuai dengan KD dan indikator, tetapi belum semua aspek perkembangan; (2) Proses pelaksanaan penilaian otentik sebagian sudah dilaksanakan oleh guru; (3) Hasil penilaian otentik yang dilakukan setiap hari sesuai dengan intrumen, catatan anekdot, dan hasil karya anak ,tetapi belum direkap oleh guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...