Journal of Educational Review and Research
Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SINGKAWANG

Ira Satira (STKIP Singkawang)
Eti Sunarsih (STKIP Singkawang)
Zulfahita Zulfahita (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa mencapai KKM (70)  baik secara individual maupun klasikal terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita, dan mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkanya model pembelajaran kooperatif pair checks terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Singkawang lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Designs. Dengan menggunakan bentuk “one group pretest-posttest design”. Menurut metodeny merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Singkawang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling sebanyak 1 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan menyimpulkan isi berita mencapai ketuntasan individu dan klasikal yaitu Karena thitung  ttabel  atau 6,24 > 1,70 bahwa rata-rata mencapai KKM  70, selanjutnya untuk ketuntasan klasikal yaitu Zhitung  Ztabel  atau 2,25  1,64 disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal siswa mencapai 75%. 2) hasil belajar siswa sesudah diterapkanya model pembelajaran kooperatif pair checks terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Singkawang lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran yaitu t hitung > dari t tabel yakni – 10,92 > 1,706 disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif pair checks terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita lebih baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...