Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut

Febriyanti Utami (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Rukiyah Rukiyah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Windi Dwi Andika (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2021

Abstract

Materi binatang laut selama ini dikenalkan oleh guru hanya menggunakan buku, majalah anak, dan gambar. Pada umumnya anak akan cepat merasa bosan dan susah fokus pada materi apabila hanya menggunakan media buku, majalah dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard berbasis augmented reality pada materi mengenal binatang laut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Prosedur penelitian yang dilakukan dalam pengembangan ini diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan pembatasan. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini pada kelompok B di RA Perwanida IV. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, lembar angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media flashcard berbasis augmented reality yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada materi pengenalan binatang laut bagi anak usia dini kelompok B di RA Perwanida IV.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...