Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa  Kab. Gowa yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching dan tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching, 2) efektifvitas model pembelajaran quantum teaching dan tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design, yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 349 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada kelas eksperimen (kelas VIIF) diajar dengan model pembelajaran quantum teaching dan pada kelas kontrol (kelas VIIG) diajar tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Berdasarkan hasil pengujian hipetosis diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran tanpa model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa dan uji efektivitas diperoleh bahwa pembelajaran dengan model quantum teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model quantum teaching kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kab. Gowa 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019