JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 13, No 1 (2020): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

PENINGKATAN SIKAP JUJUR DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Syarif Ananto (SMK Negeri 2 Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin dengan menggunakan pembelajaran discovery learning. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Melalui pembelajaran Discovery Learning  dapat meningkatkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin bagi siswa kelas X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 dari kondisi awal sebesar 28% meningkat pada siklus 2 menjadi 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 72%. Melalui pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin bagi siswa kelas X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 dari kondisi awal sebesar 14% meningkat pada siklus 2 menjadi 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 86%.Kata kunci : Sikap Jujur , Hasil Belajar, Pembelajaran Discovery LearningABSTRACTThe purpose of this study is to improve honesty in doing assignments and student learning outcomes in basic subjects designing mechanical engineering using discovery learning.The research procedure used was the Classroom Action Research procedure. This study uses a class action research design consisting of two cycles.Through learning Discovery Learning can improve honesty in doing basic mechanical design tasks for students of class X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta odd semester 2019/2020 from initial conditions by 28% increased in cycle 2 to 100%, so an increase of 72%. Through discovery learning can improve learning outcomes of basic subjects mechanical engineering design for students of class X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta odd semester 2019/2020 from initial conditions by 14% increased in cycle 2 to 100%, resulting in an increase of 86%.Keywords: Honest Attitude, Learning Outcomes, Learning Discovery Learning

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...