JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 10, No 2 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SMK PANCASILA SURAKARTA

Sabiq Farhan (Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Ranto Ranto (Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Basori Basori (Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk menemukan ada dan tidaknya perbedaaan pengaruh antara penerapan pendidikan karakter melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan (PMKR). 2) Untuk menemukan hasil belajar dengan penerapan pendidikan karakter melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari konvensional konvensional pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi penelitian adalah kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI-TKR 1 (23 siswa) dan XI-TKR 3 (22 siswa) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pancasila Surakarta. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Validitas instrumen penelitian yang dilakukan meliputi: uji validitas butir soal, reliabiitas soal, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan SPSS versi 21 Lilliefors (Shapiro-Wilk), uji homogenitas menggunakan SPSS versi 21 Levene-Statistic dan uji keseimbangan menggunakan SPSS versi 21 Independent Sample T Test. Uji hipotesis dengan mengunakan SPSS versi 21 Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini yaitu: 1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan pendidikan karakter melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan konvensional terhadap hasil belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. 2) Hasil belajar dengan penerapan pendidikan karakter melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari konvensional.Kata kunci: Penerapan Pendidikan Karakter, Student Teams Achievement Division (STAD), konvesional, dan Hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...