JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 10, No 2 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Joko Riyanto (Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)
Muhammad Akhyar (Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)
Budi Harjanto (Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) konteks (context) Program Praktik Industri meliputi (a) tujuan Program Praktik Industri, (b) sasaran Program Praktik Industri, (c) relevansi Program Praktik Industri, (d) sistem pengelolaan Program Praktik Industri; (2) masukan (input) Program Praktik Industri yang meliputi (a) penyiapan pengelolaan Program Praktik Industri, (b) penyiapan kompetensi mahasiswa; (3) proses (process) pelaksanaan Program Praktik Industri yang meliputi (a) peran mahasiswa (b) peran dosen pembimbing (c) peran instruktur industri (d) hambatan pelaksanaan Program Praktik Industri; (4) produk (product) Program Praktik Industri meliputi (a) pengembangan personalitas mahasiswa (b) pengembangan keterampilan mahasiswa (c) kesiapan kerja mahasiswa (d) pengalaman inovatif mahasiswa (e) kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, Product).Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu koordinator Program Praktik Industri, Dunia Industri (DU/DI), dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin pelaksana Program Praktik Industri periode 2015 dan periode 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas logika. Teknik analisis kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi terhadap konteks (context) Program Praktik Industri tergolong tinggi, aspek ini meliputi: (a) ketercapaian tujuan Program terhadap pelaksanaan Praktik Industri, (b) ketercapaian sasaran Program terhadap pelaksanaan Praktik Industri, (c) adanya relevansi Program Praktik Industri dengan Dunia Industri (DU/DI), (d) adanya sistem pengelolaan Program Praktik Industri yang baik; (2) evaluasi terhadap masukan (input) Program Praktik Industri tergolong cukup. Aspek masukan meliputi: (a) penyiapan pengelolaan Program Praktik Industri, (b) penyiapan kompetensi mahasiswa; (3) evaluasi terhadapproses (process) pelaksanaan Program Praktik Industri tergolong cukup. Aspek proses yang meliputi: (a) peran mahasiswa (b) peran dosen pembimbing (c) peran instruktur industri (d) hambatan pelaksanaan Program Praktik Industri; (4) evaluasi terhadap produk (product) Program Praktik Industri tergolong tinggi. Aspek produk meliputi: (a) pengembangan personalitas mahasiswa (b) pengembangan keterampilan mahasiswa (c) kesiapan kerja mahasiswa (d) pengalaman inovatif mahasiswa (e) kepuasan mahasiswa. Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Program Praktik Industri

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...