Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Buku Panduan Praktik Produksi Besar Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Muhammad Ergi Revian (Universitas Negeri Jakarta)
RA Murti Kusuma (Universitas Negeri Jakarta)
Kunto Imbar Nursetyo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media berupa bukupanduan produksi besar pada mata kuliah Penggembangan Media Video di ProgramStudi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta berbentuk buku elektronikdengan format EPUB. Penelitian pengembangan ini menggunakan modelpengembangan Rowntree yang mempunyai tiga tahapan besar yaitu tahap perencanaan,tahap persiapan penulisan serta tahap penulisan dan penyuntingan. Tahapan evaluasiyang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu tahap expert review, face-toface tryouts, dan field trials. Evaluasi melibatkan 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media,dan 20 mahasiswa pengguna. Nilai rata-rata yang diperoleh dari tahap expert review olehahli materi adalah 3,4 dan menunjukan kategori sangat baik. Nilai rata-rata yangdiperoleh dari tahap expert review oleh ahli media adalah 3,2 dan menunjukan kategoribaik. Pada tahap face-to-face diperoleh nilai 3,4 dan menunjukan kategori sangat baik.Kemudian pada tahap field trials memperoleh nilai 3,3 yang menunjukan kategori sangatbaik. Secara keseluruhan panduan ini sangat baik dan dapat digunakan untuk memandumahasiswa dalam melakukan praktik produksi besar pada mata kuliah PengembanganMedia Video dengan baik dan benar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...