Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Inovatif

DESAIN PROGRAM PELATIHAN “PENGENALAN DASAR-DASAR ASURANSI” UNTUK KARYAWAN BARU PADA PT ASABRI (PERSERO)

Arista Hilman Maliki Bastari Zuraida (mother)
Suprayekti (Unknown)
Retno Widyaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian pengembangan yang berjudul “Desain Program Pelatihan “Pengenalan Dasar-Dasar Asuransi Untuk Karyawan Baru di PT ASABRI (Persero)” bertujuan untuk menghasilkan suatu rancangan dan bahan ajar berupa kurikulum dan modul pelatihan yang dapat membantu Divisi Pelatihan dalam mengembangkan sumber daya manusia karyawan baru dalam mempelajari dasar-dasar asuransi yang sesuai dengan standar kompetensi dan Key Performance Indicator yang ada pada divisi pelayanan. Berdasarkan metodenya penelitian ini termasuk dalam metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu Model Pengembangan Instruksional (MPI) oleh M. Atwi Suparman. Prosedur pengembangan dilakukan melalui delapan langkah yang ada dalam Model Pengembangan Instruksional (MPI). Hasil penelitian berupa kurikulum dan contoh bahan instruksional berupa modul. Responden yang terlibat untuk mengevaluasi produk diantaranya, ahli desain pembelajaran, ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran, ahli untuk materi pembelajaran sebesar 3,3(sangat baik), desain pembelajaran 3,06 (baik), media pembelajaran 2,7 (baik). Hasil penilaian digunakan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...