Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Evaluasi Reaksi Dalam Pelaksanaan Program Cool Class Di BTPN Syariah

Rahmi Citra Lestari (Universitas Negeri Jakarta)
Mulyadi, M.Pd (Unknown)
Kunto Imbar Nursetyo, S.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi peserta dalam pelaksanaan program COOL di BTPN Syariah. Evaluasi reaksi sangat penting untuk melihat sejauhmana tingkat kepuasan Community Officer sebagai peserta COOL Class. Adapun peneliti akan mengevaluasi reaksi dari 9 aspek yaitu pelatih/fasilitator, fasilitas, jadwal, media, metode, materi, konsumsi, latihan/tugas, dan studi kasus. Penelitian ini mengevaluasi reaksi peserta meggunakan model evaluasi menurut Donald L. Kirkpatrick pada level satu yaitu reaksi. Penelitian ini menggunakan 2 sumber data yaitu kuesioner dengan 48 responden dan wawancara dengan 1 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Hasil data menunjukkan bahwa peserta COOL puas terhadap program COOL Class yang dilaksanakan oleh BTPN Syariah. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program COOL Class memberi dampak positif bagi Community Officer. Hasil penelitian dapat dijadikan bahan evaluasi BTPN Syariah dalam penyelenggaraan program pelatihan selanjutnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...