Jambura Journal of Mathematics
Vol 1, No 1: Januari 2019

Kemampuan Translasi dan Transformasi Representasi Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus

Angelina Elisabet (Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)
Yulis Jamiah (Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)
Bistari Basyuni (Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan translasi dan transformasi representasi siswa pada materi persamaan garis lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak dengan jumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam esai dan wawancara. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan translasi dan transformasi siswa dikategorikan sangat rendah. Rata-rata skor translasi representasi R-V sebesar 2.13, rata-rata skor translasi representasi V-R sebesar 0.41, rata-rata skor translasi representasi R-S sebesar 0.69, rata-rata skor translasi representasi S-R sebesar 0.19, rata-rata skor translasi representasi sebesar 0.91, dan rata-rata skor translasi representasi V-S sebesar 0.75. Adapun rata-rata skor kemampuan transformasi representasi R sebesar 0.25, representasi V sebesar 1.88 dan representasi S sebesar 2.16.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jjom

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics (JJoM) is a peer-reviewed journal published by Department of Mathematics, State University of Gorontalo. This journal is available in print and online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JJoM is intended as a communication forum ...