Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan

Model Pembelajaran Kooperatif Tiperole Playing Dalamaktivitas Belajar Siswa

Aan Pathiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang dioperasionalkan dengan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode studi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Jamberama. Dari hasil pengolahan analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan software SPSS = 5 % Versi.21 dengan taraf nyata pengujian diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 88,24% dan pada kelas kontrol adalah 72,81%. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (Uji T). Berdasarkan pemaparaan di atas, metode pembelajaran demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam memilih model pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jfkip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2746-7740 | E-ISSN 2746-2196] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Keguruan & ...