jurnal dikdas bantara
Vol 2, No 2 (2019)

ANALISISKESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP

kartini kartini (Unknown)
sri Muryaningsih (Unknown)
Aji Heru Muslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dan faktor-faktor penyebab dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari pemahaman konsep kelas V SD Negeri Ciberem. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada subyek penelitian kemampuan pemahaman konsep atas mengalami sedikit kesulitan mendefinisikan konsep dan menyelesaikan soal cerita. Pada tingkat kemampuan pemahaman konsep mengalami kesulitan dalam mendefinisikan konsep, menyelesaikan soal cerita, dan operasi hitung. Pada tingkat kemampuan pemahaman konsep bawah mengalami kesulitan mendefinisikan konsep, mengklasifikasikan objek, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, membuat contoh dan non contoh penyangkal, mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah, dan operasi hitung. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penyebab yaitu faktor minat, motivasi, intelegensi, orang tua, dan guru. Kata Kunci: kesulitan menyelesaikan soal, pemahaman konsep

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...