JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 1 No 3 (2020)

Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Strategi Regulasi Emosi pada Mahasiswa Psikologi FIP Unesa yang terdampak Pandemi Covid-19

Olievia Prabandini Mulyana (Unknown)
Umi Anugerah Izzati (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, 60213)
Meita Santi Budiani (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, 60213)
Ni Wayan Sukmawati Puspita Dewi (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, 60213)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi Indonesia saat ini. Pandemi Covid-19 dapat menimbulkan emosi negatif pada mahasiswa seperti mudah kesal, sedih, marah, cemas, lelah, tidak bersemangat dan emosi lain yang dapat berubah-ubah. Mahasiswa perlu memiliki keterampilan untuk mengelola emosi negatif saat pandemi Covid-19 yang disebut juga dengan regulasi emosi. Pelatihan regulasi emosi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan mahasiswa mengenai regulasi emosi. Metode yang digunakan pada pelatihan regulasi emosi ini meliputi brainstorming, permainan, diskusi, dan roleplay. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan regulasi emosi mahasiswa antara sebelum dan sesudah pelatihan regulasi emosi. Kemampuan regulasi emosi mahasiswa meningkat setelah mengikuti pelatihan regulasi emosi dan mempraktekkan hasil pelatihan pada saat bertindak atau berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurpikat

Publisher

Subject

Dentistry Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

JURPIKAT Publication (Journal of Community Service) is a source of information that aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service. JURPIKAT (Journal of Community Service) specifically focuses on the main problems in ...