Pandemi Covid-19 merupakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi Indonesia saat ini. Pandemi Covid-19 dapat menimbulkan emosi negatif pada mahasiswa seperti mudah kesal, sedih, marah, cemas, lelah, tidak bersemangat dan emosi lain yang dapat berubah-ubah. Mahasiswa perlu memiliki keterampilan untuk mengelola emosi negatif saat pandemi Covid-19 yang disebut juga dengan regulasi emosi. Pelatihan regulasi emosi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan mahasiswa mengenai regulasi emosi. Metode yang digunakan pada pelatihan regulasi emosi ini meliputi brainstorming, permainan, diskusi, dan roleplay. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan regulasi emosi mahasiswa antara sebelum dan sesudah pelatihan regulasi emosi. Kemampuan regulasi emosi mahasiswa meningkat setelah mengikuti pelatihan regulasi emosi dan mempraktekkan hasil pelatihan pada saat bertindak atau berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya
Copyrights © 2020