Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang secara lebih rinci sesuai dengan komposisi yang tercakup di dalamnya. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 12 Padang pada bulan november 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang.Sampel penelitian ini sebanyak 26 orang siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 12 Padang.Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku”. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi tidaktuntas dengan nilai rata-rata 74,4. Kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa untuk indikator bunkei berada pada kualifikasi tuntas dengan nilai rata-rata 65,3.Kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa untuk indicator goiberada pada kualifikasi tidak tuntas dengan nilai rata-rata 83,6.Jadi, berdasarkan klasifikasi nilai menurut pedoman kriteria ketuntasan minimal (KKM) bahasa Jepang SMA Negeri 12 Padang, siswa dianggap belum mampu dalam menulis danraku “watashi no kazoku” karena belum mencapai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) bahasa Jepang SMA Negeri 12 Padang yaitu 80.Kata kunci : Kemampuan, danraku, watashi no kazoku
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018