Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 1, No 1 (2018)

Kemampuan Menulis Danraku "Watashi No Kazoku" Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang

Wira Wahyuni (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)
Hendri Zalman (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)
Meira Anggia Putri (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang secara lebih rinci sesuai dengan komposisi yang tercakup di dalamnya. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 12 Padang pada bulan november 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang.Sampel penelitian ini sebanyak 26 orang siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 12 Padang.Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku”. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi tidaktuntas dengan nilai rata-rata 74,4. Kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa untuk indikator bunkei berada pada kualifikasi tuntas dengan nilai rata-rata 65,3.Kemampuan menulis danraku “watashi no kazoku” siswa untuk indicator goiberada pada kualifikasi tidak tuntas dengan nilai rata-rata 83,6.Jadi, berdasarkan klasifikasi nilai menurut pedoman kriteria ketuntasan minimal (KKM) bahasa Jepang SMA Negeri 12 Padang, siswa dianggap belum mampu dalam menulis danraku “watashi no kazoku” karena belum mencapai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) bahasa Jepang SMA Negeri 12 Padang yaitu 80.Kata kunci : Kemampuan, danraku, watashi no kazoku

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...