Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain the randomized posttest only control grup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam. Data diambil dari random sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, dengan melakukan posttest penguasaan goi pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor tes siswa dari kedua kelas sampel dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan hipotesis alternatif (H0) diterima pada taraf signifikan 5% karena Thitung < Ttabel (0,15<2,01) yang berarti penguasaan goi pada kelas eksperimen sama atau tidak jauh berbeda dengan kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam.
Copyrights © 2018