Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan mahasiswa dalam dalam mengubah doushi bentuk-te. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan jenis kesalahan perubahan doushi bentuk-te siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Padang. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang, dan sampelnya adalah 35 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Padang. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan intrumen tes objektif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kesalahan diantaranya bentuk kesalahan, yaitu kesalahan morfologi ditemukan 190 atau 18% kesalahan, serta jenis kesalahan mistake ditemukan 318 atau 30% kesalahan, jenis kesalahan lapses ditemukan 59 atau 6% kesalahan, dan kesalahan error ditemukan 89 atau 8% kesalahan. Kata Kunci : analisis kesalahan, doushi, doushi bentuk-te
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018