Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 1, No 2 (2018)

KEMAMPUAN CHOUKAI PADA NIHONGO NOURYOKU SHIKEN N5 MAHASISWA TAHUN MASUK 2017 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Fitria Asma Reni (Unknown)
Nova Yulia (Unknown)
Meira Anggia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan choukai pada Nihongo Nouryoku shiken N5 mahasiswa tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang secara lebih rinci sesuai dengan indikator yang tercakup di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling, sebanyak 34 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan choukai pada Nihongo Nouryoku Shiken N5  secara umum berada pada kualifikasi cukup baik dengan nilai rata-rata 69,76. Untuk indikator memahami informasi yang disampaikan audio sesuai dengan gambar atau tulisan berada pada kualifikasi cukup baik dengan nilai rata-rata 66,91. Indikator mampu memilih ungkapan/pertanyaan yang tepat sesuai gambar yang diberi tanda panah pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 73,11. Indikator mampu menjawab pertanyaan dari audio yang berupa multiple choice pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 71,57. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan choukai pada Nihongo Nouryoku Shiken N5 mahasiswa pendidikan bahasa Jepang tahun masuk 2017 UNP adalah cukup baik, dan kesulitan tertinggi berada pada indikator memahami informasi yang disampaikan audio sesuai dengan gambar atau tulisan (gaiyou rikai)    Kata kunci : Kemampuan, Choukai , Nihongo Nouryoku Shiken N5

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...