Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK MAHASISWA

Yeni Heryani (Unknown)
Ratna Rustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini menerapkan model Reciprocal Teaching. Ada beberapa tujuan penelitian ini. Pertama,untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa yang lebih  baik  antara  yang menggunakan  model  Reciprocal  Teaching  dengan  yang  menggunakan model pembelajaran langsung, kedua untuk mengetahui efektifitas penggunaan model Reciprocal Teaching  terhadap  peningkatan kemampuan  berpikir  kreatif  matematik  mahasiswa  serta  yang ketiga untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2013-2014 dan peneliti mengambil 2 kelas dari 5 kelas untuk dijadikan sampel penelitian.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa serta angket kemandirian mahasiswa.Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata.   Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa yang menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik dari dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung, penggunaan model Reciprocal Teaching   efektif   terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa serta   kemandirian belajar mahasiswa pada proses  pembelajaran  dengan  menggunakan  model  Reciprocal  Teaching  berada  pada  kategori sedang. Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching, Kemampuan berpikir kreatif matematik, Kemandirian belajar mahasiswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...