Indonesian Journal of Educationalist
Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020

Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang pada Pembelajaran Fiqih Menggunakan Card Sort

Sunarjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran fiqih di kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang lebih mengarah pada proses pembelajaran yang bersifat pasif dengan guru banyak ceramah dan diakhiri dengan tanya jawab. Penelitian di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan qurban setelah menerapkan metode card sort dapat di lihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus ada 12 siswa atau 48,5%, mengalami kenaikan pada siklus I ada 22 siswa atau 66,7%, dan pada siklus II tingkat ketuntasan siswa ada 29 siswa atau 87,9%, peningkatan sebesar sebanyak 21,8% dan 18,8%. Begitu juga keaktifan belajar juga meningkat dimana pada siklus pada siklus I ada 20 siswa atau 60,6% dan mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 30 siswa atau 90,9%,, peningkatan tersebut sebesar 30,3%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ije

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Salah satu Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Muntaha Noor Institute guna mempublikasikan hasil-hasil penelitian oleh Pendidik/Guru di Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas di Sekolah/Madrasah, serta pihak lainnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya di Sekolah/Madrasah. ...