Indonesian Journal of Educationalist
Vol. 1 No. 3 (2020): Edisi Desember 2020

Pelaksanaan Metode Observasi MBS/MBM untuk Meningkatkan Peran Serta Masyarakat di MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang

Diyono, Diyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan sumbangan pemikiran secara aktif dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar/MI. Secara khusus, penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode observasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat di MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang; dan (2) mengetahui peningkatan peran serta masyarakat melalui metode observasi di MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang. Subyek penelitian adalah semua wali murid MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang. Pemerintah pusat mendesentralisasikan beberapa urusan kepada pemerintah daerah termasuk bidang pendidikan yang dikenal dengan otonomi sekolah yang selanjutnya dikembangkan pola pengelolaan sekolah dengan istilah Manajemen berbasis sekolah/madrasah (MBS/MBM). Untuk mengatasi rendahnya mutu pendidikan di sekolah termasuk Sekolah MI, program MBS/MBM merupakan salah satu program pendidikan yang mengakomodir semua pihak sebagai penanggung jawab pendidikan baik sekolah, pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar (SD)/MI dapat ditanggulangi melalui manajemen berbasis sekolah/madrasah (MBS/MBM).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ije

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Salah satu Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Muntaha Noor Institute guna mempublikasikan hasil-hasil penelitian oleh Pendidik/Guru di Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas di Sekolah/Madrasah, serta pihak lainnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya di Sekolah/Madrasah. ...