Indonesian Journal of Educationalist
Vol. 1 No. 3 (2020): Edisi Desember 2020

Penggunaan Media Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IA MI Muhammadiyah Pamutih Ulujami Pemalang

Sunariyah, Sunariyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Pemberlakuan pembelajaran tematik untuk siswa kelas rendah di MI dapat dibenarkan secara akademik, karena siswa pada usia tersebut masih berpandangan holistik serta berperilaku dan berpikir konkrit. Mereka belum terbiasa dengan cara berpikir terspesialisasi dan abstrak. Rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimana penggunaan media lingkungan sekolah untuk meningkatkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Menulis Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IA MI Muhammadiyah Pamutih Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020?” Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), meliputi: Perencanaan (Planning), Pelaksanaan dan Observasi, dan Refleksi. Subjek Penelitian berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata Siklus I sebesar 54,64; skor rata-rata siklus II naik menjadi 68,21; dan skor rata-rata siklus III naik menjadi 80,71.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ije

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Salah satu Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Muntaha Noor Institute guna mempublikasikan hasil-hasil penelitian oleh Pendidik/Guru di Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas di Sekolah/Madrasah, serta pihak lainnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya di Sekolah/Madrasah. ...