Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui model Problem  Based  Learning pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data hasil belajar diambil dengan menggunakan post test, dan aktivitas belajar diambil melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal dari 36 siswa yang mencapai ketuntasan adalah 14 siswa (40%),  siklus I  terjadi peningkatan yaitu 18 siswa (51%) mencapai ketuntasan, siklus II meningkat menjadi 25 siswa (70%) mencapai ketuntasan, siklus III meningkat menjadi  30 siswa (84%) mencapai  ketuntasan. Untuk aktivitas belajar siklus I, penilaian aspek afektif yaitu  (47,22%) dan aspek psikomotorik yaitu (44,44%) dengan kriteria rendah, siklus II  penilaian aspek afektif meningkat menjadi (69,44%) dan aspek psikomotorik (63,88%) dengan kriteria sedang dan siklus III aktivitas belajar dalam penilaian aspek afektif mencapai (83,33%) dan aspek psikomotorik (80,55%) dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019