Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 1, No 2: November 2017-April 2018

Implementasi Model Pembelajaran Diskursusmulty Reprecentacy ditinjau dari Kemampuan Penalaran Proporsional pada Materi Trigonometri

Laili Wakhidah (Unknown)
Mochamad Abdul Basir (Unknown)
Mohamad Aminudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa modelpembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran proporsional siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu metode dokumentasi, observasi, dan tes. Sedangkan instumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran proporsional, dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswadengan pembelajaranDiskursus Multy Reprecentacy (DMR) mencapai ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 33 dari 36 siswa (2) rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaranDiskursus MultyReprecentacy (DMR) sebesar 78,92 dan rata-rata kemampuan penalaran proporsionalsiswa dengan pembelajaranReciprocal Teaching sebesar 72,32 (3) terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy(DMR) sebesar 65,7% variasi yang terjadidi dalam aktivitas belajar siswa melalui regresi Ŷ = 95,361 + 1,657 X , sedangkan 34,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...