Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PENGUASAAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DI SEKOLAH DASAR

Badarudin . (PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Peningkatan Keterampilan Pengambilan Keputusan dan Penguasaan Konsep IPA melalui Model Pembelajaran Advance Organizer di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan pengambilan keputusan dan pemahaman konsep IPA siswa sebagai dampak dari implementasi model Advance Organizer. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent (Pre-Test and Post- Test) Control Groups Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V pada SD Negeri 1 dan 2 Kalitinggar Kabupaten Purbalingga, sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pengambilan keputusan dan pemahaman konsep IPA antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Advance Organizer dan non Advance Organizer

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...