Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ

TREATMENT MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR

Muhammad Saifuddin (Unknown)
Ahmad Khoiri (Unknown)
Pamungkas Stiya Mulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2020

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) dengan Gaya Belajar dan Prestasi Belajar di MI Ma’arif Karangluhur Kertek Wonosobo Tahun Pelajaran 2020/2021. Proses pembelajaran merupakan titik penentu terhadap berhasilnya sebuah tujuan pendidikan. Terwujudnya keberhasilan pembelajaran tentu sangat dipengaruhi oleh kepiawaian seorang guru dalam memilih metode ataupun model pembelajaran. Pada saat ini, proses pembelajaran masih cenderung bersifat teacher centered dan kurang memperhatikan karakteristik siswa terlebih mengenai gaya belajar sehingga pembelajaran dinilai kurang efektif dan menuai hasil yang belum optimal. Model somatic, auditory, visual, dan intellectual (SAVI) merupakan model pembelajaran yang menawarkan konsep belajar dengan mengintegrasikan semua indera yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui penerapan model pembelajaran somatic, auditory, visual, dan intellectual (SAVI), 2) mengetahui seberapa efektif model pembelajaran somatic, auditory, visual, dan intellectual (SAVI) dengan gaya belajar dan prestasi belajar 3) mengetahui seberapa besar peningkatan efektivitas model pembelajaran somatic, auditory, visual, dan intellectual (SAVI) dengan gaya belajar dan prestasi belajar. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu, desain Control Group Eksperiment dengan Model Control Group Pretest and Posttest Design. Teknik sampel yang digunakan dengan Cluster Random Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan angket gaya belajar dan tes. Hasil penelitian menunjukkan di kelas eksperimen dari 23 siswa, terdapat 7,30% dengan gaya belajar visual, 5,22% bertipe gaya belajar auditory, 8,35% siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik, dan 3,13% sisanya bertipe gaya belajar gabungan visual auditory. Berdasarkan uji-t pada kelas eksperimen diperoleh angka sebesar 0,098 > 0,05 , sehingga penerapan model pembelajaran somatic, auditory, visual, dan intellectual (SAVI) di MI Ma’arif Karangluhur dikategorikan efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnaspf

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this proceeding are: - Physics Education - Chemistry Education - Biology Education - Media Development and Learning Model - ...